kenapa harus bersedakah??



Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah."
Upayakanlah bersedekah setiap hari, pada awal pagi dengan apa saja, karena bala bencana tidak akan menembus benteng sedekah seorang Mukmin. Apabila tidak ada yang akan diberikan maka tolaklah si Fakir tadi dengan kata-kata manis dan lembut “

Banyak sekali hadist yang menyatakan betapa pentingnya seorang Mukmin untuk melakukan sedekah. Diantara keistimewaannya ialah: 
Pertama, bisa melepaskan pelakunya dari bencana. Sebab Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya sedekah dapat menolak 70 pintu bencana “.
Kedua, merupakan obat penyakit pada tubuh. Rasulullah SAW. menjelaskan : “Obatilah penyakitmu dengan bersedekah“.

Ketiga, sebagai benteng untuk diri kita. Rasulullah SAW. bersabda : “ Bentengilah harta bendamu dengan sedekah “.
Keempat, untuk memadamkan kemurkaan Allah. Rasulullah  SAW.bersabda: “ Sedekah dapat menutup kemurkaan Allah.”

Kelima, menambah keakraban sesama Muslim “. Rasulullah SAW bersabda: “ Sedekah adalah hadiah. Maka berikanlah hadiah kepada teman pergaulanmu dan berkasih sayanglah kalian dengan saling memberi sedekah “.

Keenam, mampu menanamkan rasa belas kasihan dalam hati. Rasulullah SAW.bersabda: “ Barang siapa mendapatkan kesedihan di dalam hati, maka berikanlah sedekah “.
Ketujuh, dapat menambah umur. Rasulullah SAW bersabda: “ Sedekah dapat menolak musibah serta dapat menambah keberkahan umur“.

Kedelapan, sebagai syafaat kelak di akhirat. Rasulullah SAW bersabda: “ Sesungguhnya yang akan menaungi seorang Mukmin pada hari kiamat kelak adalah sedekah “.
Kesembilan, menuai pahala yang teramat besar. Dalam sebuah atsar disebutkan: “ Barang siapa bersedekah dengan sebiji tamar, kelak di hari kiamat dia akan mendapat pahala sebesar gunung yang berada di atas timbangan amalnya “.



Kesepuluh, sebagai wasilah (perantaraan) untuk menambah rezeki. Rasulullah SAW. bersabda: “Tidak akan berkurang harta yang  disedekahkan, bahkan akan bertambah, akan bertambah dan akan bertambah“. Ali bin Abi Thalib Kw pun berkata: “ Pancinglah rezeki dengan bersedekah“.

Imam Ibnul Qoyyim RA berkata : “ Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai bencana sekalipun pelakunya orang yang Fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT. akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan sedekah tersebut. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi umat manusia. Sebagian besar umat manusia sepakat tentang hal ini karena mereka telah mencobanya “ ( dari terjemahan Al- Wabilu ‘Sh Shoyyib karya Ibnul Qoyyim).

Dalam kesempatan lain beliau menambahkan : “ Sesungguhnya sedekah dapat membebaskan seorang hamba dari azab Allah SWT. Seseorang yang melakukan dosa dan kesalahan, ia patut celaka. Tetapi kalau ia segera mau menyusulinya dengan bersedekah, niscaya hal itu bisa membebaskan dan melepaskannya dari azab. Oleh karena itulah Rasulullahi SAW. bersabda: “Sesungguhnya Allah akan menolak kematian yang buruk atas seseorang karena sedekah yang dikeluarkannya “ (dari terjemahan Al Mustraghitsun Billahi Ta ’ala karya Ibnu Basykiwal). 

Ada sebuah kisah dalam Al Quran tentang Nabi Musa as. yang meminta agar Allah SWT menghilangkan azab dari suatu bangsa. Allah SWT menjawab bahwa azab tersebut sudah terlanjur ditetapkan. Namun, rahmat Allah meliputi seluruh bumi. Di samping itu pernyataan Allah yang sangat penting adalah : “Azab itu tidak akan menimpa orang-orang yang
memelihara dirinya, menafkahkan sebagian rezekinya dan beriman kepada ayat-ayat-Ku". Jadi, sedekah bisa menyelamatkan bangsa dari bencana (dari Buku Keajaiban Sedekah oleh Muhammad Muhyidin). 

Murad Khan Hasan menuturkan bahwa pada suatu musim, seluruh ladang Pertanian di daerah Faris Mesir, telah diserang  hama belalang. Tetapi anehnya ada sebidang ladang milik seorang petani yang selamat. Ketika ditanyai sebabnya, si Petani itu menjawab : “ Pertama, aku tidak pernah makan milik orang lain secara tidak sah sehingga belalang juga tidak ingin memakan milikku. Kedua, aku selalu mengeluarkan zakat dari hasil tanamanku, setelah tananan itu aku petik. Kuberikan zakat itu kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Kemudian sisanya kubawa pulang ke rumah “.

Maka benarlah apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW: “Jagalah harta kamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan sedekah dan hadapilah segala cobaan dan bahaya dengan doa serta tawadhu (kerendahan hati) “ (HR. Abu Hurairah).

Dahulu kala ada seorang wanita sedang berjalan bersama seorang anaknya yang masih kecil. Mendadak muncul seekor serigala yang menerkam buah hatinya. Si ibu sepontan mengejar serigala itu. Di tengah perjalanan muncul seorang pengemis yang meminta sesuatu kepadanya. Kebetulan si ibu memiliki sepotong roti dan diberikanlah roti itu kepada sang pengemis. Menakjubkan! Serigala yang menerkam anaknya segera berbalik menuju wanita yang bersedekah itu, 


lalu serigala itu pun berlalu. Masya Allah! Diriwayatkan bahwa suatu ketika Nabi Yahya as. bertemu dengan Iblis. Ia bertanya :“ Hai iblis. Siapa orang yang paling kamu sukai dan siapa orang yang paling kamu benci ?“. Iblis menjawab : “Yang paling aku sukai adalah orang Mukmin yang bakhil, sedangkan yang paling aku benci adalah orang fasik yang dermawan“. Ketika ditanya sebabnya, Iblis menjawab : “ Karena orang bakhil telah memuaskan aku dengan kebakhilannya.

Sedangkan orang Fasik yang dermawan, aku khawatir Allah memandang kedermawanannya lalu Dia menerimanya dan menolongnya“.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori KELEBIHAN dengan judul kenapa harus bersedakah??. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cmdia.blogspot.com/2012/01/kenapa-harus-bersedakah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "kenapa harus bersedakah??"

Post a Comment

terima kasih kerana sudi memberi coment, harap datang ke blog ini lagi ya.